Nyamuk Menakutkan Bill Gates, Begitu juga Saya

Saya tersenyum ketika saya mengetahui bahwa nyamuk menakutkan Bill Gates, si milyader pendiri Microsoft. Saya sangat sependapat dengan apa yang dia pikirkan. Nyamuk juga menakutkan saya. Gates mengatakan bahwa 600.000 orang meninggal setiap tahun karena nyamuk. Banyak lagi pasien yang harus menderita dan menginap di rumah sakit karena nyamuk, termasuk saya.

mosq 2
Photo: Wikipedia

Setiap orang tentu sama, tidak suka dengan lalat kecil, kata lain dari dalam Bahasa Spanyol. Pengalaman buruk dengan nyamuk terjadi pada masa lalu. Hingga kini, saya selalu waspada terhadap makhluk kecil dengan kisaran berat 2 hingga 2,5 mg ini. Saya heran kenapa makhluk sekecil nyamuk dapat membuat manusia sangat menderita. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah manusia karena mereka membutuhkan kandungan protein amino. Kandungan itu dibutuhkan untuk pembentukan telur sebagai siklus reproduksi nyamuk.

Sepanjang hidup, saya pernah terkena demam berdarah, malaria dan cikungunya. Suatu penderitaan yang sangat besar ketika terinfeksi penyakit tersebut. Saya masih ingat ketika dokter mendiagnosa bahwa penyakit yang saya derita disebabkan nyamuk. Ketika badan mulai terinfeksi malaria, awal mula pinggang terasa nyeri. Kemudian badan mulai menggiggil dan suhu badan panas tinggi.

Saya masih ingat gejala penyakit malaria dan cikungunya dari nyamuk sangat mirip. Beberapa tahun lalu, dokter mendiagnosa salah dan menyatakan saya terinfeksi malaria. Padahal saat itu cikungunya bersarang di tubuh. Gejala awal mirip yaitu pinggang terasa nyeri. Namun, saya yakin bahwa cikungunya yang menyerang saya. Selang beberapa hari, semua sendi terasa sakit dan hanya bisa berbaring diam.

Pernah juga ketika terinfeksi malaria, saya harus diinfus dengan kina. Nyeri sepanjang hari ketika cairan infus ini masuk ke dalam tubuh. Kondisi buruk itu berawal ketika tubuh sudah merasa sehat. Suhu tubuh kembali normal. Keringat telah keluar dari tubuh dan tidak lagi terasa lemas. Aktivitas pun berlanjut seperti biasa. Namun, kita perlu waspada pada masa pemulihan. Kita tidak boleh capai. Terkadang kita tidak menyadari setelah suhu badan kembali normal dan merasa sehat, kita melanjutkan aktivitas seperti biasa. Kalau kita lupa dan terus beraktivitas, kita lelah dan malaria dapat menyerang kita lagi.

mosq 1
Gates note

Berbeda dengan gigitan nyamuk hutan. Badan nyamuk hutan lebih besar daripada nyamuk pembawa demam berdarah, malaria atau cikungunya. Namun sekali gigit kita merasa disuntik dengan jarum suntik yang lebih besar. Masih ingat di dalam kepala, ketika saat itu saya berkunjung di area relokasi warga Timor Timur yang terletak nun jauh dari jalan utama, nyamuk-nyamuk besar itu menyerang. Terdengar suara dengung ‘Ngiing…ngiing…,’ kepakan sayap nyamuk terbang di sekitar kita. Terlindungi dengan sleeping bag dan slayer pada bagian muka, nyamuk pun tetap masuk dan telinga mendengar suara ‘Ngiing…ngiing..ngiing.’ Suara gaduh memecah kesunyian malam. Meskipun sleeping bag dan slayer hanya menyisakan bagian hidung, rasa gatal pun menghinggapi kaki bak jarum si nyamuk dapat menembus tebalnya bahan.

Nyamuk hanyalah makhluk yang sangat kecil namun kita tetap harus waspada, khususnya ketika bepergian di wilayah endemik di mana pun di dunia ini. Mungkin pengalaman ketika di bagian Indonesia Timur dapat bermanfaat ketika kita bepergian di wilayah tadi. Mengkonsumsi tumbuhan yang pahit di lidah kita mampu mengusir nyamuk, seperti pare, bunga pepaya atau biji mahoni. Atau, kita dapat mengkonsumsi obat-obat moderen untuk pencegahan. Seorang dokter di Tanzania, Dr. Proper Chaki mengatakan, “Mosquitoes are smart, we have to be smarter.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s