Insiden vs Bencana

Kita sering mendengar kata ‘insiden’ maupun ‘bencana’ dalam percakapan maupun artikel di media massa. Mungkin sebagian kita menanyakan perbedaan antara dua kata tersebut, ditambah pula ada kata ‘katastrofe’ yang sering terdengar dalam konteks penanggulangan bencana. Pada artikel ini, beberapa penjelasan mengenai perbedaan kata-kata tersebut ditinjau dalam konteks penanggulangan bencana di Indonesia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘insiden’ mengandung arti peristiwa (khususnya yang kurang penting dalam hubungannya dengan peristiwa lainnya yang lebih besar) atau kejadian, sedangkan dalam Oxford Dictionaries, insiden atau incident berarti suatu peristiwa atau kejadian (an event atau occurrence). Sementara itu, arti kata ‘bencana’ dalam Kamus Bahasa Indonesia merujuk pada sesuatu yang menyebabkan (menimbulkan) kesusahan, kerugian, atau penderitaan.

20170413_122408-1

Sumber:  neptueoem.com

Satu hal yang menarik dalam konteks penanggulangan bencana di Indonesia, tidak ada penggunaan kata ‘insiden’ pada penjelasan terkait dengan peristiwa atau kejadian yang menyebabkan kerugian atau penderitaan. Namun dalam surat kabar, kita masih menemui penggunaan kata ‘insiden.’ Apabila kita melihat definisi ‘bencana’ dalam Undang Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, kata tersebut berarti peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan, atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Masih seputar definisi ‘bencana’ dalam konteks Indonesia, kata tersebut tidak memberikan arti mengenai intensitas skala yang dapat berpengaruh terhadap dampak, seperti kata ‘bencana’ banjir yang hanya berdampak pada beberapa rukun tetangga akan sama dengan  penggunaannya pada ‘bencana’ banjir yang merendam ribuan rumah di beberapa kabupaten.

Menarik untuk ditinjau, Undang Undang tadi tidak membahas mengenai apa itu ‘insiden.’ Jadi apa pun kejadian (insiden) dengan makna seperti tertuang dalam Undang Undang di atas disebut sebagai bencana.

IMG_5585Ini berbeda dengan di Amerika Serikat. Apabila kita melihat dokumen National Incident Management System (NIMS), insiden yang diterjemahkan sebagai ‘incident’ mengandung arti suatu kejadian, akibat peristiwa alam maupun manusia, yang membutuhkan suatu respon untuk melindungi nyawa manusia dan properti (an occurrence, natural or manmade, that necessitates a response to protect life or property).

 Dokumen NIMS menyebutkan bahwa insiden dapat merujuk pada peristiwa yang telah direncanakan dan juga peristiwa darurat dan atau bencana pada semua jenis maupun skalanya. Pada dokumen tersebut kata ‘bencana’ atau ‘disaster’ digunakan untuk kejadian seperti kebakaran hutan, gempa bumi, tornado, banjir, dan situasi-situasi yang terdapat beberapa insiden yang terjadi berdekatan.

Di sisi lain, dalam konteks penanggulangan bencana di Indonesia, jarang sekali kita menemui penggunaan kata ‘katastrofe’ yang merujuk pada bencana besar. Sama seperti di Amerika Serikat, mereka juga tidak secara spesifik menggunakan kata tersebut, ‘catastrophic.’ Frase ‘bencana besar’ dalam Kamus Bahasa Indonesia bermakna bencana yang memporak-porandakan bangunan dan alam sekitar, mengakibatkan banyak kerugian, sedangkan kata ‘katastrofe’ berarti (1) malapetaka besar yang datang secara tiba-tiba, (2) perubahan cepat dan mendadak pada permukaan bumi; bencana alam.

IMG_2171

Pada konteks penanggulangan bencana di Indonesia, kejadian atau peristiwa yang merujuk pada definisi bencana dalam Undang Undang Nomor 24 Tahun 2007 sebagai ‘bencana.’ Penggunaan kata ‘insiden’ atau ‘katastrofe’ hampir jarang digunakan atau pun ditemui pada dokumen atau pernyataan dari otoritas setempat. Namun demikian dua kata tersebut masih dijumpai pada artikel media massa di Indonesia.

Terlepas dari perbedaan arti dan penggunaan dalam konteks penanggulangan bencana, kita dapat menambah pengetahuan arti dua kata ‘insiden’ dan ‘bencana,’ selain dari kamus bahasa dan peraturan yang berlaku. Berikut ini beberapa perbedaan definisi terkait beberapa terminologi, bahkan tidak hanya pada ‘insiden’ dan ‘bencana,’ tetapi juga ‘insiden besar’ (major incidents) dan ‘katastrofe’ (catastrophic) dari Partly dan Tieney dalam buku Disaster Management- International Lessons in Risk Reduction, Response and Recovery (2014).

Definisi Insiden Insiden besar Bencana Katastrofe
Skala dampak

 

Sangat lokal Sepenuhnya atau sebagian lokal Tersebar dan parah Luas berdampak secara fisik dan sosial

 

Skala penanganan

 

Sumber daya lokal yang digunakan Terutama sumber daya lokal yang digunakan dengan bantuan dari wilayah terdekat Penanganan yang dibutuhkan antar institusi pemerintah, multi institusi, multi jurisdiksi Sumber daya nasional dan internasional serta koordinasi dibutuhkan dalam penanganan

 

Rencana dan prosedur yang diaktifkan

 

Prosedur operasi standar digunakan Prosedur opeerasi standar digunakan ; rencana operasi mungkin diaktifkan Rencana penanggulangan bencana (disaster plan) dan rencana operasi diaktivasi Kedua rencana tersebut di samping diaktivasi, tetapi tantangan besar akan mengganggu dalam penanganan

 

Dampak terhadap pengerahan sumber daya

 

Sumber daya lokal akan mungkin cukup Sumber daya lokal dan dari luar wilayah jurisdiksi dibutuhkan

 

Kerusakan yang besar hingga ke sumber daya; pengerahan sumber daya regional dibutuhkan

 

Sistem penanganan darurat lokaldan regional lumpuh dan dibutuhkan bantuan luar
Keterlibatan publik dalam penanganan

 

Publik umumnya tidak terlibat di dalam penanganan Publik sebagian besar tidak terlibat dalam penanganan Public secara besar-besaran terlibat di dalam penanganan

 

Public secara masif terlibat di dalam penanganan
Tantangan pascapemulihan

 

Tidak secara signifikan memberikan tantangan terhadap proses pemulihan

 

Beberapa tantangan terjadi terhadap proses pemulihan Tantangan besar terhadap pemulihan pascabencana Tantangan massif dan signifikan tehadap efek jangka panjang

 

Referensi:

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s