Waktu Respon Informasi Gempa Melalui Grup Whatsapp

Beberapa waktu lalu, tepatnya Minggu (7/7/2019) gempa bumi bermagnitudo 7 terjadi di Provinsi Maluku Utara. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemutakhiran parameter gempa terjadi pada pukul 22:08:42 WIB dengan kedalaman 49 km dan berlokasi 133 km barat daya Ternate, Maluku Utara.

WhatsApp Image 2019-07-07 at 10.34.30 PMPascagempa, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami berdasarkan pemodelan matematis terhadap ancaman tsunami dengan status ‘Waspada.’ Status tersebut ditujukan untuk wilayah Minahasa bagian selatan dan Minahasa Utara bagian selatan, Provinsi Sulawesi Utara. BMKG merilis terjadi 8 kali gempa susulan selama satu jam. BMKG juga memonitor perkembangan gempa susulan dan tinggi muka air air laut yang terdapat di enam stasiun pasang surut (Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Xanana). Kemudian peringatan dini tsunami dinyatakan berakhir pada Senin (8/7/2019) pukul 00:09:27 WIB.

Tulisan ini hanya ingin menunjukkan respon yang beredar di aplikasi Whatsapp pada grup-grup tertentu dan tidak menangkap semua konteks koordinasi dan komunikasi yang terkait dengan respon darurat.

WhatsApp Image 2019-07-07 at 10.35.12 PM

Informasi gempa dengan parameter awal diterima melalui Whatsapp (Wa) #1 pada Minggu (7/7/2019) pukul 11.15 WIB. Grup ini berisi sahabat-sahabat yang pernah dan masih berkecimpung di bidang kemanusiaan. Selanjutnya 15 menit kemudian, peta guncangan (shake map) pun muncul di grup yang sama.

Sementara itu, pada grup Wa yang lain, #2, pesan gempa tersebut diterima pada pukul 11.20 WIB. Grup ini berisi individu-individu yang tekait dengan data, informasi dan kehumasan penanggulangan bencana. Pesan itu merujuk pada informasi BMKG terkait dengan peringatan dini tsunami di Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Informasi tersebut tertulis sebagai berikut:

Peringatan Dini Tsunami di SULUT, MALUT, Gempa Mag:7.1, 07-Jul-19 22:08:39WIB, Lok:0.51LU,126.18BT, Kdlmn:10Km: BMKG

Masih di grup Wa #2, informasi pada pukul 11.28 WIB mengirimkan pesan sebagai berikut:

Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: MALUT, SULUT, Gempa Mag:7.1, 07-Jul-19 22:08:39 WIB, Lok:0.51 LU, 126.18 BT (135 km BaratDaya TERNATE-MALUT), Kedlmn:10 Km: BMKG

 Daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan:

[ Kota/ Kabupaten (Provinsi) – Status Peringatan ]

  • KOTA-BITUNG (SULUT) – SIAGA
  • HALMAHERA (MALUT) – WASPADA
  • KOTA-TERNATE (MALUT) – WASPADA
  • KOTA-TIDORE (MALUT) – WASPADA
  • MINAHASA BAGIAN SELATAN (SULUT) – WASPADA
  • MINAHASA-UTARA BAGIAN SELATAN (SULUT) – WASPADA
  • MINAHASA-SELATAN BAGIAN SELATAN (SULUT) – WASPADA
  • BOLAANGMONGONDOW BAGIAN SELATAN (SULUT) – WASPADA

http://inatews.bmkg.go.id/

Selanjutnya pada grup Wa #3, informasi gempa dibagikan pada Minggu (7/7/2019) pukul 11.24 WIB. Berselang 7 menit atau 11.31 WIB, grup Wa #3 menginformasikan kondisi mutakhir di Kota Bitung dan Halmahera Barat. Kemudian, 11.51 WIB, informasi mutakhir lain merujuk situasi di Kota Ternate dan Kota Manado. Pada 01.14 WIB, hari Senin, grup ini menginformasikan bahwa peringatan dini tsunami berakhir.

Grup Wa #3 berisi antara lain individu-individu yang mampu untuk mengambil kebijakan dalam memobilisasi sumber daya penanganan darurat.

Sekitar pukul 07.36 pesan pada grup Wa #3 menginformasikan mengenai kondisi lapangan yang terjadi pada dini hari pascagempa. Informasi tersebut menyebutkan, antara lain mengenai kegiatan monitoring di wilayah-wilayah yang sebelumnya diprediksikan terdampak tsunami yaitu di wilayah Halmahera, Kota Ternate dan Kota Tidore, pemantauan terkait dengan evakuasi masyarakat, maupun potensi kerusakan akibat gempa.

Berikut ini isi pesan yang diinformasikan pada grup Wa #3 terkait dengan kondisi sesaat setelah terjadinya gempa.

Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, gempa dirasakan sedang selama 3 – 5 detik. Masyarakat dilaporkan dalam kondisi panik dan mulai mengungsi ke dataran tinggi. Masyarakat yang tinggal di wilayah pantai (sekitar 7 desa) sudah mengungsi ke lokasi pengungsian, yang lokasinya lebih tinggi dan berjarak sekitar 2 km, seperti di gereja Nafiri dan masjid Agung di Desa Kolomba. Air di sepanjang pantai terpantau surut. BMKG sempat menginformasikan potensi tsunami dengan status ‘Siaga.’ Demikian juga kondisi di Kabupaten Halmahera Barat dilaporkan oleh BPBD setempat bahwa gempa juga dirasakan salama 3 – 5 detik.

Sementara itu BPBD Kota Ternate melaporkan gempa dirasakan kuat dan masyarakat panik hingga berhamburan ke luar rumah. Masyarakat tampak lalu Lalang dan mencari tempat aman ke arah dataran yang lebih tinggi. Di sisi lain, jaringan telekomunikasi masih lancar. BPBD setempat melalui tim reaksi cepat (TRC) masih mengumpulkan informasi dampak gempa dan memenangkan masyarakat.

Di Kota Manado, masyarakat merasakan kuatnya guncangan selama 3 – 5 detik. Mereka panik hingga ke luar rumah. Namun demikian kondisi saat ini sudah kondusif. Terkait dengan foto kerusakan yang beredar di media sosial, BPBD setempat belum dapat memastikan kebenaran inforamsi tersebut.

Sedangkan kondisi di Kabupaten Minahasa Utara, BPBD melaporkan gempa terasa kuat sekitar 5 detik. Ini membuat masyarakat panik, berhamburan dan menuju ke tempat yang lebih tinggi. Namun, kondisi masyarakat saat ini sudah kondusif karena BMKG setempat telah menginfokan bahwa statusnya telah ‘waspada.’

Infografik kronologi pesan whatsapp

Patut bersyukur, pascagempa kondisi telah kondusif dan tidak ada korban jiwa akibat gempa. Potensi tsunami pun tidak terjadi akibat gempa tersebut. Di sisi lain, reaksi masyarakat sangat baik. Mereka yang tinggal di sekitar pesisir pantai segera menuju ke tempat yang tinggi dan menjauh dari pantai.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.